Unik, Masjid di Kota Medan Berbentuk Alquran di Atas Rehal

Unik, Masjid di Kota Medan Berbentuk Alquran di Atas Rehal - Bagian 1

Masjid di Medan, Sumatra Utara (Sumut) ini memiliki bentuk yang unik. Atapnya bukan berbentuk kubah bulat namun Alquran di atas rehal.

Masjid bernama Masjid Al Munawwarah di Kawasan Pesisir Kota Medan selesai dibangun pada Juli 2020 lalu. Selain berbentuk Alquran, setiap sisi kubah masjid ini juga dihiasi dengan ayat Alquran.

Di arah kiblat bertuliskan ayat kursi dan sisi lainnya bertuliskan surah Ali Imran ayat 110 tentang amar maruf nahi munkar sebagai tujuan hidup. Di bagian luar bangunan masjid, juga dihiasi dengan tulisan 25 nama nabi dan rasul yang membuat masjid ini semakin indah.

Masjid Al Munawwarah ini memiliki luas 280 meter persegi dan dapat menampung sekitar 2.200 jemaah. Selain terinspirasi dari pintu gerbang Kota Mekah, masjid ini memiliki corak khas Melayu Kota Medan di bagian pintu utama.

Masuk ke dalam masjid terdapat tempat wudu dan kamar mandi di lantai satu. Kemudian ruangan aula dan perpustakaan. Sementara ruang salat berada di lantai dua dengan mimbar senada berbentuk Alquran.

“Penamaan nama Munawwarah ini karena Rosul itu hijarah dari Makah ke Madinah. Nah nama Madinah itu, Madinatul Munawwarah,” ucap Kepala Divisi Teknik Regional 1 Pelindo, M Zulfan.

Meski telah digunakan sebagai tempat ibadah, namun Masjid Al Munawwarah ini masih dibatasi karena pandemi covid-19 yang masih melanda Kota Medan. Masjid ini juga digunakan untuk tarawih, salat Idul Fitri dan kegiatan keagamaan lainnya.

Sumber : inewssumut.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.