Bantuan Kemanusiaan RI untuk Gaza Sudah Tiba di Mesir

Bantuan kemanusiaan RI untuk Palestina tiba di Mesir (dok. Ist)

MedanWow.id – Indonesia mengirimkan bantuan sebanyak 51,5 ton untuk Palestina yang tengah digempur Israel. Juru bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Lalu M Iqbal menyebut bantuan itu kini sudah sampai di Bandara El Arish, Mesir.

“Bantuan kemanusiaan untuk masyarakat Gaza telah tiba di Bandara El Arish, Mesir pada 6 November 2023,” kata Iqbal kepada wartawan, Senin (6/11/2023).

Iqbal menyebut pesawat pembawa bantuan untuk Gaza itu tiba pada pukul 08.00 waktu setempat. Pengiriman bantuan ini dipimpin Wamenlu Pahala Mansury.

“Wamenlu Pahala memimpin pengiriman bantuan kemanusiaan tersebut. Bantuan diserahkan kepada perwakilan Bulan Sabit Mesir,” katanya.

“Hercules menempuh rute Jakarta-Aceh-Yangon-New Delhi-Abu Dhabi-Jeddah-El-Arish. Hercules akan persiapan kembali ke tanah air,” tambahnya.

Baca Juga : China Akui Israel Punya Hak Membela Diri, Tapi Ingatkan Hal Ini!

Jokowi Lepas Bantuan ke Gaza

Pemerintah RI diketahui mengirimkan 51,5 ton bantuan kemanusiaan untuk Palestina. Pengiriman bantuan ini dilepas langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Lapangan Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

“Pagi hari ini bantuan Indonesia untuk rakyat Palestina akan segera diberangkatkan menuju ke Bandara El-Arish di Mesir, kemudian akan diteruskan dan disalurkan ke Gaza, ini adalah bantuan tahap pertama, dibawa menggunakan tiga pesawat, dan berisi 51,5 ton bantuan,” kata Jokowi saat memimpin pelepasan bantuan kemanusiaan untuk Gaza di Lanud Halim Perdanakusuma, Sabtu (4/11).

(mw/ds)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *