7 Keajaiban Dunia Terbaru dan Sejarah nya

New 7 Wonders of the World - YouTube

MedanWow.id – 7 Keajaiban Dunia atau 7 Wonders of the World merupakan daftar tujuh tempat dari seluruh dunia yang ditetapkan sebagai lokasi dengan kejaiban dunia. Daftarnya pertama kali disusun pada abad ke-2 SM atau lebih dari dua ribu tahun yang lalu.

Kala itu, daftarnya dibuat oleh para petualang Hellenic yang terkagum-kagum akan konstruksi buatan manusia, yang paling luar biasa di dunia. Namun, kebanyakan tempat yang masuk ke dalam daftar tersebut telah dihancurkan, kecuali Piramida Agung Giza.

Di tahun 2000an, daftar 7 Keajaiban Dunia dibuat oleh suatu yayasan di Swiss New Open World Corporation (NOWC). Hasilnya pun kemudian diumumkan pada tahun 2007.

Candi Borobudur dan Tegallalang Rice Terraces hanya masuk dalam daftar 176 nominasi yang berpartisipasi dalam kampanye 7 Keajaiban Dunia Baru. Terpilihnya 7 Keajaiban Dunia ini adalah hasil pemungutan suara lebih dari 100 juta suara di seluruh dunia.

1. Taj Mahal – Agra, India

Taj Mahal

Siapa yang tak mengetahui bangunan bersejarah dari negeri India ini? Ya, Taj Mahal.

Taj Mahal telah berhasil masuk ke dalam deretan 7 keajaiban dunia terbaru. Situs yang menjadi ikon India ini, telah dianggap sebagai mahakarya arsitektur, makam marmer putih di abad ke-17 memikat hingga kurang lebih delapan juta wisatawan per tahunnya.

Tujuh keajaiban dunia terbaru merupakan hasil pengambilan suara online yang sudah dimulai sejak tahun 2001 sampai tahun 2007. Bahkan, telah lebih dari 90 juta orang memberikan polling mereka dari daftar 21 finalis situs yang dijadikan pilihan.

2. Tembok Besar – Tiongkok

Tembok Besar Tiongkok

Tembok Besar Tiongkok sudah bertahun-tahun memang sudah menjadi salah satu situs yang menduduki 7 keajaiban dunia. Lazimnya, orang Tiongkok menyebut Tembok Besar sebagai “Tembok Panjang”. Bangunan ini terbuat dari semen, batuan, bata, dan tanah dengan tujuan untuk melindungi kekaisaran Tiongkok bagian utara dari berbagai serangan musuh.

Tembok Besar adalah bangunan terpanjang yang pernah dibuat oleh manusia. Berlawanan dengan mitos yang ada, Tembok Besar atau Tembok Panjang Tiongkok ini apabila dilihat dari luar angkasa, tidak bisa dilihat dengan mata telanjang.

3. Petra – Yordania

Sejarah Petra, Kota Batu Kuno yang Menawan di Yordania Halaman all ...

Petra adalah sebuah kota kuno di Yordania, berasal dari abad ke-4 Sebelum Masehi dan dijuluki sebagai Kota Mawar karena warna material bebatuannya yang dipakai di bangunan tersebut. Kota menawan yang sempat hilang ini, memiliki makam dan kuil yang diukir pada tebing batu pasir berwarna merah muda.

Tidak hanya itu, situs ini dianggap berharga dan penting oleh arkeolog serta sejarawan. Hal itu karena bangunannya dari bebatuan nan indah dan sistem perairan yang inovatif serta modern. Kemudian, wilayah itu dapat ditempati atau dihuni karena dikelilingi oleh gurun dan pegunungan terjal.

Kemudian, di Petra sendiri ada pula berbagai tempat wisata yang unik dan menarik, yaitu bernama Kuil Singa Bersayap, Siq, dan The Treasury. Bahkan United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization atau UNESCO menjelaskan bahwa Petra menjadi salah satu kekayaan yang sangat berharga dari warisan budaya manusia dan telah menjadi Situs Warisan Dunia sejak tahun 1985. Lalu, Petra menjadi salah satu keajaiban dunia pada tahun 2007.

4. Machu Picchu – Cuzco, Peru

Machu Picchu

Machu Picchu merupakan situs yang menjadi sumber pendapatan pariwisata bagi Peru. Akan tetapi, karena ribuan turis menyerbu, mengakibatkan terjadinya kerusakan tetap pada kota ini. Bangunan peninggalan peradaban Inca ini didirikan pada tahun 1450 sampai 1460-an dan pada 1983 menjadi situs atau bangunan warisan budaya dunia UNESCO.

Saat para politisi lokal menginginkan peningkatan jumlah turis atau wisatawan dengan lift dan kereta gantung, United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization atau UNESCO meminta dengan tegas peraturan ketat dan mengurangi jumlah pengunjung. Bahkan, perluasan prasarana di sekitaran Machu Picchu ini sudah berkali-kali menimbulkan peristiwa tanah longsor.

Machu Picchu adalah salah satu situs yang masih menjadi misteri alias masih dipertanyakan kegunaannya sampai saat ini oleh suku Inca. Machu Picchu dibuat dan dibentuk di atas garis patahan yang diakibatkan oleh gempa bumi. Menariknya, Benteng ini dibangun dari bebatuan tanpa lapisan semen sedikit pun, padahal bangunan ini mempunyai gaya rancangan yang rumit.

5. Colosseum – Roma, Italia

Colosseum

Tentu kalian sudah tidak asing dengan situs yang satu ini. Sama seperti Tembok Besar Tiongkok dan Taj Mahal India, Colosseum masih memegang kedudukan di 7 keajaiban dunia terbaru sampai saat ini. Bahkan, Colosseum merupakan satu-satunya situs di Eropa yang terdaftar dalam 7 keajaiban dunia yang baru.

Situs ini dikenal sebagai tempat bertarungnya gladiator dan bertempurnya hewan di Roma kuno. Colosseum didirikan dengan ruang bawah tanah, bagian dalam bangunan dapat digenangi air guna menciptakan pertempuran laut. Hingga saat ini, situs Colosseum menjadi salah satu daya pikat wisata utama di kota Roma.

Adapun bangunan kuno ini dikatakan pula sebagai Teater Flavia yang sudah menginjak usia 2.000 tahun, serta disebut sebagai amfiteater dengan gaya Romawi yang menjadi simbol atau ikon bagi kota Roma. Kabarnya, Colosseum bisa mengisi 50 ribu hingga 80 ribu orang, dan dipakai untuk melaksanakan acara, mulai dari pertarungan gladiator sampai pertunjukan atau pentas drama.

6. Patung Christ the Redeemer – Rio de Janeiro, Brazil

Patung Christ the Redeemer

Patung Christ the Redeemer telah menjadi salah satu dari 7 keajaiban dunia yang baru. Hal itu karena patung ini adalah simbol umat Kristiani yang dibuat dari jenis batuan lunak, yaitu soapstone dan dibentuk secara detail. Hal yang melatarbelakangi didirikannya Patung Christ the Redeemer ini, yakni sebagai bentuk memperingati hari kemerdekaan negara Brazil.

Situs ini adalah Patung Yesus Kristus berlokasi di Rio de Janeiro, Brazil yang mempunyai ketinggian kurang lebih 30 meter dengan berat 1.145 ton, serta rentang lengan sepanjang 28 meter. Patung Christ the Redeemer atau Patung Kristus Sang Penebus ini selesai didirikan dan dibangun pada tahun 1931 lalu dan berhasil menaklukkan kompetitornya dalam pengambilan suara atau polling secara online. Hal itu dikarenakan secara aktif di negara bagian Brazil membantu dukungan untuk itu.

Kemudian, situs ini telah dilakukan beberapa kali renovasi yang diakibatkan paparan cuaca di sana. Hal itu terasa saat bulan Februari tahun 2008 dan Januari tahun 2014, saat halilintar menyambar beberapa bagian patung hingga rusak. Warna pucat batu asli Kristus sudah tidak lagi tersendiri dengan jumlah yang cukup sehingga sebagai penggantinya, yaitu warna yang cenderung gelap.

7. Chichen Itza – Yucatan, Meksiko

Chichen Itza

Bangunan ini adalah kota tempat tinggal dan peninggalan kebudayaan suku Maya di Meksiko, yakni sekitar tahun 550 sampai 1200 Masehi. Bangunan yang bernama Chichen Itza ini berlokasi di Semenanjung Yucatan dan terkenal akan piramida yang sebagian besar dipererat bagian tengahnya.

Piramida tersebut disebut sebagai piramida Kukulcan yang serupa dengan piramida di Mesir. Hal itulah yang menjadi daya tarik utama bagi turis ataupun wisatawan. Meski Kuil ini merupakan situs yang sangat terkenal, bukan berarti kuil ini adalah satu-satunya bangunan piramida yang menarik di komplek tersebut. Hal itu karena ukuran dari situs tersebut sangatlah besar sehingga menarik perhatian dari situs arkeologi lainnya. Bahkan, menjadi salah satu dari tujuh Keajaiban Dunia Baru pada tahun 2007.

Selain itu, Chichen Itza merupakan pusat agama politik bagi kekaisaran Maya yang menjabarkan kombinasi berbagai macam model atau gaya dari berbagai daerah pula. Biasanya, Chichen Itza tidak akan sepi sebab ada jutaan wisatawan atau turis yang berkunjung ke sana setiap tahun saat ekuinoks di musim semi.

Itulah informasi terkait 7 Keajaiban Dunia Baru

Semoga artikel ini bisa menambah wawasan kalian, ya! sobat medanwow

(mw/ds)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *