Cloudflare Down, Discord dkk Ikut Tumbang

Ilustrasi Internet

Layanan Cloudflare dilaporkan mengalami down pada Selasa (21/6/2022) siang. Hal ini berimbas pada sejumlah aplikasi, website, hingga game yang ikut tumbang.

Cloudflare sendiri adalah layanan yang menjadi jembatan antara pengunjung sebuah situs atau aplikasi dengan hosting. Cloudflare bertugas mengamankan sekaligus meningkatkan kecepatan transfer data antar server.

Tumbangnya Cloudflare juga dikeluhkan sejumlah pengguna di Twitter.

Jika kita mencari dengan kata kunci “cloudflare down”, maka pengguna akan menemui beragam twit bahwa berbagai layanan internet yang mengandalkan sistem Cloudflare tidak bisa diakses

Baca juga : Sejarah E-sports di Dunia, Turnamen dan Game Pertama hingga Masuk Cabang Olahraga

Pantauan KompasTekno di situs Downdetector.id sekitar pukul 14.11 WIB, sudah ada lebih dari 200 laporan yang mengatakan bahwa layanan Cloudflare, baik itu DNS, hingga situs web yang mengandalkananya, tidak bisa diakses dengan normal.

Layanan internet yang tumbang gara-gara Cloudflare Selasa siang.

Kami juga melihat sejumlah aplikasi internet seperti Discord hingga Valorant mengalami kenaikan laporan down.

Laporan tidak bisa mengakses layanan Discord meningkat ke angka lebih dari 140 laporan per pukul 14.10 WIB, sedangkan di waktu yang sama, jumlah laporan yang mengatakan bahwa game Valorant tumbang, ada sekitar lebih dari 130 laporan.

Di bagian atas tiap laporan berbagai layanan internet di laman Downdetector.id, ada informasi yang mencantumkan bahwa tumbangnya layanan mereka kemumngkinan disebabkan oleh layanan “Cloudflare” yang sedang error.

Belum jelas apa penyebab dari tumbangnya layanan Cloudflare. Namun, pihak Cloudflare sendiri mengeklaim telah menemukan masalahnya dan tengah menerapkan perbaikan untuk membuat layanannya normal kembali.

“Tim Cloudflare sudah mengetahui masalah layanan error ini dan kami akan bekerja secepat mungkin untuk memperbaikinya,” tulis Cloudflare melalui akun Twitter dengan handle @Cloudflare.

“Saat ini, masalah sudah kami ketahui dan perbaikan sedang dilakukan kepada sistem kami,” tambah Cloudflare.

Seperti diketahui, sistem (API) Cloudflare digunakan oleh berbagai layanan dan aplikasi internet untuk mengamankan dan mempercepat koneksi antar server.

Berbagai aplikasi atau situs yang terdampak tumbangnya Cloudflare mencakup Amazon Web Services, Discord, Patreon, Skype, Gitlab, hingga game League of Legends, Minecraft, Valorant, dan lain sebagainya.

Update 15.30 WIB, melalui akun Twitter-nya, pihak Cloudflare mengeklaim layanannya telah kembali berjalan normal. Pantauan KompasTekno, sejumlah website dan layanan yang menggunakan API Cloudflare memang sudah bisa diakses kembali.

(mw/dvs)

Leave a Reply

Your email address will not be published.