14 Atlet Sanda Sumut Tampil di Sirnas Wushu Sanda I/202

14 Atlet Sanda Sumut Tampil di Sirnas Wushu Sanda I/2022

Ketua Umum Pengprov Wushu Indonesia (WI) Sumut Darsen Song meminta anak didiknya tampil maksimal pada Sirkuit Nasional (Sirnas) Wushu Sanda I/2022 yang akan berlangsung di Semarang, Jawa Tengah 31 Mei hingga 3 Juni mendatang.

“Buktikan kalau kalian memang pantas menjadi duta wushu Sumut. Kami berharap kalian bisa memperlihatkan kemampuan terbaik. Dengan tampil baik, kami percaya, kalian pulang membawa banyak medali,” ujar Darsen Song saat melepas keberangkatan kontingen dari Padepokan Yayasan Kusuma Wushu Indonesia (YKWI), Minggu (29/5) pagi WIB.

Kontingen Sumut berkekuatan 14 atlet, yang terbagi dalam tiga kategori, yakni 3 Pra Junior, 9 Junior dan 2 Senior. Kontingen dipimpin Tim Manajer Heriyanto, serta didampingi dua Pelatih yakni Neri Agus Manullang dan Moses Milala.

Baca juga : Medan Simpan Banyak Potensi Atlet

Pada acara pemberangkatan yang turut dihadiri pengurus Pengprov WI Sumut dan orang tua atlet, Darsen menjelaskan, Sirnas Wushu Sanda I/2022 di Semarang memiliki arti penting, terkhusus untuk pembinaan masa depan dan menjaga regenerasi atlet-atlet. Apalagi, Sumut pada PON XXI/2024 akan bertindak sebagai tuan rumah bersama Aceh.

Di pesta olahraga multi event paling bergengsi di tanah air tersebut,Wushu, baik taolu maupun sanda menjadi salah satu cabor andalan. Apalagi sejarah mencatat, sejak PON XVI/2004 hingga PON XIX/2016, Wushu Sumut kerap menjadi juara umum, dan penyumbang medali terbanyak bagi kontingen Sumut.

“Di PON XX/2021 Papua, kapasitas Wushu Sumut menjadi peraih medai terbanyak, digeser Jatim. Karenanya di PON XXI/2024 kita harus merebutnya kembali. Untuk mewujudkan itu tentu tidak semudah membalik telapak tangan, tetapi melalui persiapan serius sejak dini, termasuk memantau perkembangan atlet melalui Sirnas seperti ini,”jelasnya,

Kepada para atlet, Darsen meminta janga pernah sedikit pun merasa gentar. Sebab untuk tampil di Sirnas, para atlet sudah melewati berbagai proses, terjaring melalui event/kejuaraan se-Sumut dan telah menjalani pemusatan latihan di Padepokan YKWI Sumut. Bahkan terkhusus atlet senior, adalah anggota Pelatda Jangka Panjang menghadapi PON XXI/2024. Karenanya Darsen meminta para atlet membuktikan bahwa mereka memang pantas menjadi duta wushu Sumut.

Darsen mengucapkan terimakasih kepada pendiri dan sesepuh Wushu Sumut Master Supandi Kusuma yang juga Bapak Taiji Indonesia, atas dukungan dan support yang diberikan kepada Pengprov WI Sumut, demikian juga buat KONI Sumut dan pihak-pihak lainnya.

Skuad Wushu Sanda Sumut di Sirnas Semarang:
Pra Junior;
1. Fajar Gofal Siallagan 39 kg putra
2. Junioris Siahaan 42 Kg putra
3. Farel Yosef Eben Ezer Sitorus 45 Kg putra
Junior
1. Solfiain Tampubolong 48Kg Putra
2. Erti Vana br Ginting 48 Kg Putri
3. Febri Handoko Siregar 52 Kg Putra
4. Rasita br Naibaho 52 Kg Putri
5. Defarltdo Apriel Hasibuan 56 Kg Putra
6. Naila Lidia br Sitepu 56 Kg Putri
7. Yanto Rizel Silaban 65 Kg Putra
8. Jupinter Sinaga 52 Kg Putra
9. Yosua Raja Pandua Butar Butar 56 Kg Putra
Senior:
1. Yoris Talente Barus 48 Kg Putra
2. Rosa Beatrice br Manalu 52 Kg Putri

(mw/dvs)

Leave a Reply

Your email address will not be published.