Mudik Lebaran 2022, Menhub: Macet di Gerbang Lebih dari 1 Km, Tarif Tol Digratiskan

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi

Pemerintah akan menggratiskan tarif tol saat mudik Lebaran 2022 apabila terjadi kemacetan hingga 1 kilometer lebih di gerbang tol.

“Kalau di tol sudah ada kesepakatan, kalau macetnya di gerbang lebih dari 1 Km bebas (biaya tol),” ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Jakarta, Rabu (20/4/2022).

Keputusan ini diambil agar pengelola jalan tol melakukan pengaturan yang maksimal selama periode mudik Lebaran 2022 dan untuk menjamin kelancaran arus mudik.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan kebijakan itu dilakukan demi mendorong pengelola tol memperbaiki performa pelayanan mereka selama arus mudik lebaran.

“Ada satu diskresi, apabila antrean mobil (di gerbang tol) itu lebih dari 1 kilometer, maka tidak perlu bayar. Jadi kita bisa memberikan suatu homework untuk pengelola tol, supaya tidak macet,” kata Budi seperti dikutip dari detik.com, Kamis (21/4).

Selain itu, Budi juga mengatakan tahun ini pemerintah dan pengelola tol sepakat untuk tidak memberikan diskon tarif di musim mudik lebaran.

“Sebenarnya sudah ditetapkan, tidak ada diskon (tarif tol),” tegas Budi.

Sebagai informasi, diskon tarif tol diberikan secara rutin setiap musim mudik Lebaran sejak 2015. Awal penerapan diskon tarif tol saat mudik dilatarbelakangi oleh tujuan menarik minat pengguna mobil untuk melawati jalan tol.

Hal ini seiring dengan digalakkannya pembangunan jalan tol yang semakin masif sejak pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wapres Jusuf Kalla.

Saat itu Presiden Jokowi meminta Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk menurunkan tarif tol jelang Lebaran. Semakin banyaknya mobil yang melewati tol diharapkan bisa mengurangi kepadatan kendaraan di jalan raya non-tol.

(mw/dvs)

Leave a Reply

Your email address will not be published.