Meta Mau Bikin Mata Uang Baru, Namanya Zuck Bucks

Setelah sebelumnya sudah gagal membangun mata uang kripto bernama Diem, kini Meta — induk Facebook — disebut kembali mencoba membuat mata uang digital, namun bukan kripto.

Mata uang yang dimaksud akan bernama ‘Zuck Bucks’, dan ini tampaknya bukanlah mata uang kripto seperti Diem, melainkan lebih mirip sebuah token yang akan dipakai di berbagai aplikasi milik Meta, mirip seperti mata uang internal yang dipakai di sejumlah game, misalnya Robux di Roblox.

BACA JUGA : Amerika Serikat Ancam Boikot Pertemuan G20 di Bali

Roblox sejauh ini sukses membangun bisnisnya dengan menjual Robux, dan mungkin saja Meta mau mencoba meniru langkah tersebut di platformnya, demikian dikutip detikINET dari The Verge.

Meta sendiri tak benar-benar menjauhkan diri dari produk blockchain meski pernah gagal dengan Diem. Pasalnya saat ini mereka tengah mencari cara untuk menjajakan NFT di Facebook, yang kemungkinan akan dilakukan pada pertengahan Mei.

Kemudian Meta akan menjajal model langganan di grup Facebook yang berbasis kepemilikan NFT, juga minting NFT di Facebook. Pada Maret lalu CEO Meta Mark Zuckerberg memang pernah menyebut kalau NFT akan hadir di Instagram.

Ada juga ‘social token’ atau ‘reputation token’ yang mungkin juga akan dirilis dan nantinya akan diberikan sebagai hadiah, contohnya untuk anggota yang punya kontribusi penting di Facebook groups.

“Kami tak punya informasi baru untuk dibagikan hari ini. Kami secara kontinu mempertimbangkan inovasi produk baru untuk orang, bisnis, dan kreator. Sebagai perusahaan, kami berfokus pada pembangunan metaverse dan hal itu termasuk pembayaran serta layanan finansial,” jelas Lauren Dickson, juru bicara Meta.

Sumber : Detik

Leave a Reply

Your email address will not be published.