Cara Menguatkan Sinyal WiFi di Dalam Rumah, Check This Out!

WiFi.

MedanWow.id – Sering buffering saat internetan padahal sudah memasang WiFi di rumah Anda? Jika iya, besar kemungkinan jaringan WiFi di rumah Anda tidak stabil. Yup, hal itu sangat berdampak pada kecepatan koneksi yang dihasilkan ketika sedang internetan.

Salah satu hal yang menyebabkan hal itu terjadi adalah sinyal WiFi yang lemah. Lemahnya sinyal tersebut disebabkan oleh jarak router atau access point dengan perangkat yang terlalu jauh dari jangkauan.

Seperti yang diketahui, router merupakan perangkat yang mengeluarkan sinyal WiFi. Nantinya, sinyal tersebut akan ditangkap oleh berbagai perangkat, seperti komputer, laptop, dan smartphone.

Nah, untuk meminimalisir sinyal WiFi lemah, Anda perlu mengikuti beberapa cara di bawah ini!

1. Jauhkan Router dari Objek yang Lemahkan Sinyal

Agar tidak ‘berebut’ sinyal dengan jaringan lainnya, Anda harus menjauhkan router dari objek atau barang elektronik yang berpotensi dapat melemahkan sinyal. Tak hanya objek yang dapat memancarkan sinyal semata, bahkan microwave pun dapat mengganggu kekuatan sinyal WiFi.

Untuk itu, Anda bisa meletakkan router di meja tersendiri atau ditempelkan di dinding agar daya tangkap sinyalnya jauh lebih baik dan kuat.

2. Ganti Antena Router

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengganti antena router yang sudah ada. Kini, telah banyak perangkat router yang menggunakan antena lepas-pasang agar Anda semakin mudah meningkatkan fungsi antena untuk router supaya lebih kuat menangkap sinyalnya. So, tidak ada salahnya untuk mencoba langkah ini!

Baca Juga : Pemerintah Mau Bebaskan Syarat Penerima Subsidi Motor Listrik

3. Coba Gunakan Repeater

Fungsi Repeater

Jika kedua langkah di atas belum mampu menguatkan sinyal WiFi di dalam rumah Anda, langkah selanjutnya adalah dengan mencoba menggunakan repeater. Alat ini merupakan salah satu alat penguat sinyal WiFi yang tidak membutuhkan sambungan kabel LAN. Oleh karena itu, alat ini bisa dibilang jauh lebih mudah dan simple.

4. Perbarui Firmware dan Network Adapter

Anda juga dapat memperbarui firmware sebagai langkah memperkuat sinyal WiFi di dalam rumah. Pasalnya, hal ini merupakan salah satu yang menyebabkan sinyal WiFi di smartphone Anda bermasalah. Untuk itu, tidak ada salahnya Anda mengecek apakah firmware sudah di-update agar sinyal WiFi jadi lebih kuat.

5. Gunakan WiFi Extender

WiFi extender sangat berguna untuk menguatkan sinyal WiFi di dalam rumah. Alat ini merupakan unit yang berdiri sendiri di dalam jangkauan area router nirkabel atau access point WiFi. Salah satu WiFi extender yang bisa menjadi pilihan adalah WiFi Extender dari IndiHome.

Dengan WiFi Extender dari IndiHome, sinyal internet Anda akan semakin kuat hingga seluruh penjuru rumah. WiFi Extender dari IndiHome pun memiliki berbagai keunggulan, seperti mampu memperluas jaringan WiFi, Menjaga estetika rumah karena tanpa kabel tambahan, tidak perlu membeli perangkat baru, terkoneksi otomatis, dan biaya sewa yang terjangkau.

(mw/ds

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *