Polres Belawan Razia Kafe, 25 Orang Positif Narkoba

Polres Belawan saat merazia kafe di Deli Serdang. (foto: Dok. Polres Belawan)

Polres Pelabuhan Belawan menggerebek dua kafe di Desa Manunggal, Kabupaten Deli Serdang. Ratusan orang diamankan dari lokasi tersebut, 25 di antaranya positif narkoba.

Kasat Narkoba Polres Pelabuhan Belawan, AKP Herison Manullang menjelaskan penggerebekan itu berlangsung pada Minggu (31/7) sekitar pukul 01.00 WIB dinihari.

“Ada dua kafe yang kita razia, yakni Cafe Lestari dan Cafe Rudi. Dari dua kafe itu diamankan 114 orang, di antaranya 82 pria dan 32 perempuan,” kata Herison saat dikonfirmasi detikSumut, Senin (1/7/2022).

“Nah, dari ratusan itu sudah kami cek urine. Hasilnya ada 25 orang positif narkoba. Di antaranya 19 laki-laki dan enam perempuan,” tambahnya.

Dia menjelaskan bahwa penggerebekan ini rutin dilakukan pihaknya dalam rangkaian operasi Gerebek Kampung Narkoba (GKN). Namun dari orang diamankan kali ini mengaku mengambil narkoba dari luar kafe.

Herison mengatakan hasil penyelidikan dan interogasi terhadap pengunjung yang positif, tidak ada keterlibatan pemilik kafe terkait narkoba yang digunakan oleh para pengunjung tersebut.

“Jadi untuk barang bukti memang negatif ditemukan di TKP. Hasil interogasi para pengunjung menggunakan narkoba di luar. Baru masuk ke kafe dan ada beberapa pengunjung menggunakan narkoba beberapa hari sebelumnya,” jelasnya.

“Nah, untuk yang negatif narkoba kita berikan edukasi dan memulangkan. Sementara yang positif kita akan serahkan ke BNNP Sumut untuk dilakukan rehabilitasi,” tambahnya.

Selain itu, pihaknya juga mengamankan puluhan botol minuman keras. Akan tetapi, barang itu diberikan ke Satreskrim Polres Pelabuhan Belawan untuk ditindaklanjuti.

“Pastinya kita lakukan ini untuk mengatasi penyakit-penyakit masyarakat yang dapat menghancurkan masa depan anak-anak juga. Oleh karena itu, kita juga perlu kerjasama dengan warga, bila ada mendapati persiapan seperti ini bisa langsung menginformasikan ke kami,” tutupnya.

(mwka)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *