Presiden Jokowi Berkunjung ke Space X Bertemu CEO Tesla Inc, Elon Musk

Kronologi Pertemuan Jokowi-Elon Musk di SpaceX, Diawali Kunjungan Luhut

Presiden RI Joko Widodo bertemu dengan CEO Tesla Inc, sekaligus pendiri Space X, Elon Musk di Boca Chica, Amerika Serikat (AS), Sabtu (14/5/2022).

Dalam Instagram dan Twitter pribadinya, Jokowi menungkapkan pertemuan dengan Elon Musk membahas dua hal.

“Tiba di Gedung Stargate Space X, Boca Chica, Amerika Serikat, siang tadi, saya langsung bertemu tuan rumah, Elon Musk. Kami berbicara tentang teknologi dan inovasi,” kata Jokowi dikutip dari akun Instagram, Minggu (15/5/2022).

Baca juga : Jokowi ke Biden usai Dijamu di Gedung Putih: See You in Bali for G20

Dalam unggahan Instagram Jokowi, Elon Musk berpakaian santai mengenakan kaos hitam bergambar luar angkasa dan astronot saat menyambut Jokowi. Baju tersebut menggambarkan perusahaan antariksa milik Elon yakni Space X.

Orang terkaya di dunia itu pun mengajak Jokowi berkeliling melihat fasilitas di Space X. Elon Musk dalam kesempatan tersebut mengungkapkan, sangat tertarik dengan masa depan Indonesia. “Saya rasa Indonesia memiliki potensi yang besar, dan saya rasa kita melalui Tesla dan Space X akan mencoba beberapa kerja sama dengan Indonesia,” ujar Elon.

“Kita akan melihat dari dekat bentuk kerja sama di banyak hal, karena Indonesia memiliki banyak potensi. Apalagi Indonesia memiliki jumlah populasi dan terus berkembang.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Joko Widodo (@jokowi)

 Ini bagus karena kita membutuhkan banyak orang di masa depan,” katanya. Rencananya, Elon akan berkunjung ke Indonesia pada November tahun ini.

Dalam kunjungan itu, Jokowi didampingi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Duta Besar RI untuk AS Rosan Roeslani.

Sebelumnya, Juru Bicara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Jodi Mahardi mengungkapkan bahwa CEO Tesla Inc Elon Musk telah mengirimkan timnya ke Indonesia. Menurut Jodi, hal itu dilakukan setelah Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menawarkan nikel Indonesia saat bertemu dengan Elon Musk di Amerika Serikat (AS) beberapa waktu lalu.

Hal tersebut untuk memenuhi bahan baku pengembangan kendaraan berbasis listrik atau electric vehicle (EV) yang menjadi produk andalan Tesla.

“Pak Menko Marves dalam pertemuan menjelaskan kepada Elon Musk bahwa Indonesia bisa memenuhi kebutuhan nikel dengan standar environmental, social, and governance (ESG) yang tinggi, terutama dari aspek lingkungan dan emisi karbon,” ujarnya kepada Kompas.com, Rabu (11/5/2022).

Temui Jokowi, Elon Musk Pakai Kaos Rp349 Ribu

(mw/dvs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *