5 Negara yang Tidak Memiliki Tentara di Dunia, Begini Cara Mereka Jaga Stabilitas

5 Negara yang Tidak Memiliki Tentara di Dunia, Begini Cara Mereka Jaga Stabilitas

Tahukah kamu jika di dunia ini ternyata ada negara yang tidak memiliki tentara? Militer menjadi salah satu alat pertahanan yang umum dimiliki oleh suatu negara.

Meski dianggap penting, nyatanya beberapa negara di dunia ini tidak memiliki militer atau angkatan bersenjata. Berikut ini iNews.id rangkumkan 5 negara yang tidak memiliki tentara di dunia, negara mana saja?

Negara yang Tidak Memiliki Tentara di Dunia

1. Kosta Rika

Kosta Rika menjadi salah satu negara terbesar yang tidak memiliki angkatan bersenjata. Militer Kosta Rika dihapuskan pada tahun 1948 setelah terjadi perang sipil di negara tersebut.  Keamanan di negara ini dikelola oleh kepolisian. Termasuk unit paramiliter yang dilatih oleh Amerika Serikat dan Kolombia yang bertanggung jawab untuk melindungi perbatasan negara.

2. Vatikan

Vatikan merupakan negara terkecil di dunia yang luas wilayahnya hanya 0,49 kilometer persegi. Menjadi salah satu negara yang tidak memiliki tentara, keamanan negara Vatikan secara keseluruhan diserahkan pada Agenti del Corpo di Vigilanza dello Stato della Città Vaticana (Pasukan Pengawal Negara Kota Vatikan) yang beranggotakan lebih dari 100 orang.

Selain itu, ada juga Guardia Svizzera yang merupakan pasukan militer dengan tugas pokok senantiasa siap siaga menjaga keamanan Paus di kediamannya. Sedangkan untuk keamanan di sekitar Negara Kota Vatikan, merupakan tanggung jawab Polisi Negara Italia dan Carabinieri (Polisi Militer Italia).

3. Monaco

Monako dikenal sebagai surga pajak bagi orang yang sangat kaya. Negara ini juga menjadi salah satu negara yang tidak memiliki angkatan bersenjata. Untuk urusan keamanan negara Monako lebih sering menyewa menyewa tenaga dari negara tetangganya, yakni Perancis.

4. Palau

Palau merupakan sebuah negara yang terletak di Samudera Pasifik dan termasuk negara Oseania. Negara yang termasuk negara tetangga Indonesia ini juga tidak memiliki pasukan militer.

Secara ekonomi dan kebutuhan militer, Palau dibantu dan dikendalikan oleh Amerika Serikat. Dalam Compact of Free Association,  disebutkan bahwa Amerika Serikat akan selalu membantu Republik Palau apabila suatu saat terdapat invasi asing masuk ke dalam wilayahnya.

5. Liechtenstein

Liechtenstein menghapus angkatan bersenjatanya pada tahun 1868. Penghapusan militer di negara ini dikarenakan pengeluaran untuk angkatan bersenjata dinilai terlalu mahal. Meski begitu, Liechtenstein memiliki pasukan polisi nasional yang bekerja sama dengan militer Austria dan Swiss.

Nah, itulah 5 negara yang tidak memiliki tentara di dunia.

(mw/dvs)

Leave a Reply

Your email address will not be published.