Mengenal Apa itu hosting dan Jenis-jenisnya

Ilustrasi website toko online. (Pixabay/Megan_Rexazin)

Sudah tahu apa itu hosting dan fungsinya? Hosting adalah jasa layanan internet yang menyediakan sumber daya untuk disewakan sehingga memungkinkan pengguna menempatkan informasi di internet berupa HTTP, FTP, EMAIL, atau DNS.

Atau dengan kata lain hosting merupakan tempat untuk menyimpan semua data website sehingga bisa diakses oleh siapapun, tanpa adanya hosting website kamu tidak akan ada dan nama domain tidak akan memiliki tujuan.

Ada dua macam hosting yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan kamu yaitu hosting gratis dan hosting berbayar.

Jadi apabila kamu memilih menggunakan hosting gratis maka kamu akan mendapatkan keterbatasan dalam fiturnya karena pada hosting gratis kamu hanya bisa menikmati disk space dan bandwidth terbatas, selain itu hosting gratis juga hanya menyediakan level keamanan yang mendasar sehingga pengguna jasa hosting gratis lebih rentan terhadap hacker.

Baca juga : CEO Binance Sebut Regulator Perbankan Mulai Tertarik Masuk Industri Kripto

Sedangkan apabila kamu menggunakan hosting berbayar maka kamu akan mendapatkan fitur yang lebih lengkap dengan berbagai macam paket yang bisa kamu pilih untuk disesuaikan dengan kebutuhan kamu, dan pada hosting berbayar tentunya kamu akan mendapatkan disk space dan bandwidth yang lebih besar sesuai dengan paket hosting yang kamu sewa, selain itu hosting berbayar juga menyediakan level pengamanan yang lebih tinggi untuk memproteksi data dan privasi pelanggan.

Ilustrasi website toko online. (Pixabay/200degrees)

Jadi sudah paham apa itu hosting? Nah setelah kamu mengetahui pengertian hosting, kamu juga harus tau jenis-jenis hosting :

  1. Hosting Bersama / Shared Hosting

Pada shared hosting, setiap situs web akan berbagi sumber daya dengan situs web lainnya di dalam satu server sehingga bisa lebih hemat biaya. Oleh karena itu Hosting Bersama / Shared Hosting biasanya digunakan untuk bisnis pemula dan bisnis kecil dengan volume lalu lintas yang tidak lebih dari 10.000 hingga 20.000 kunjungan setiap bulannya.

  1. VPS Hosting

Pada VPS hosting, server utama dibagi menjadi beberapa server virtual untuk masing-masing situs web individual yang bisa disesuaikan berdasarkan kebutuhan kamu. VPS hosting biasanya digunakan untuk bisnis kecil atau menengah dengan volume lalu lintas yang terus meningkat

  1. Dedicated Hosting

Dedicated Hosting disewa secara eksklusif oleh satu klien sehingga bisa beroperasi secara optimal dengan tingkat keamanan yang tinggi. Dedicated hosting biasanya digunakan untuk situs web perusahaan besar (enterprise) dengan tingkat kesiapan teknis yang tinggi dan volume lalu lintas yang tinggi mencapai 100.000 kunjungan setiap bulannya.

  1. Cloud Hosting

Cloud hosting hadir melalui beberapa server jarak jauh dengan tanggung jawab yang berbeda-beda, sehingga apabila satu server memiliki masalah maka server lain akan mengambil alih tanggung jawab tersebut. Cloud hosting  biasanya digunakan untuk bisnis menengah dan besar yang berkembang pesat dengan volume lalu lintas yang bisa mencapai 50.000 kunjungan setiap bulannya

  1. WordPress Hosting

WordPress hosting merupakan bentuk lain dari shared hosting yang dirancang khusus untuk pengguna WordPress. Server ini sudah dilengkapi dengan fitur pre-installed plugin dengan konfigurasi yang cukup optimal

Itulah pengertian dari hosting dan jenis-jenis hosting yang harus kamu ketahui agar tidak bertanya-tanya lagi apa itu hosting.

Sumber : hitekno.com

One thought on “Mengenal Apa itu hosting dan Jenis-jenisnya”

  1. Jokowi: Potensi Kejahatan Cyber akan Semakin Meningkat - MedanWow says:

    […] Baca juga : Mengenal Apa itu hosting dan Jenis-jenisnya […]

Leave a Reply

Your email address will not be published.