TNI Tangkap Kapal Penyelundup Minyak Sawit ke Malaysia

TNI AL tangkap kapal penyelundup PAO.

TNI Angkatan Laut menangkap satu kapal tunda dan satu kapal tongkang berbendera Malaysia di perairan Utara Pulau Bengkalis, Riau karena berupaya menyelundupkan minyak sawit ke Malaysia.
Dalam kapal tersebut, petugas menemukan 1.799,956 MT Palm Acid Oil atau minyak sawit kotor yang akan diselundupkan para pelaku dari Riau.

Pangkoarmada I, Laksamana Muda TNI Arsyad Abdullah mengatakan, kapal tunda TB Ever Sunrise dan tongkang TK Ever Carrier awalnya memuat minyak sawit dari Dumai menuju Malaysia. Namun mereka berangkat tanpa dilengkapi dokumen yang sah dan sudah kadaluarsa.

“KRI Sigurot-864 yang sedang patroli di perairan Selat Malaka langsung melakukan pengejaran dan penangkapan pada Minggu, 4 April sekitar pukul 14.00 WIB. Ditemukan tanda-tanda kapal berada di Perairan Utara Pulau Bengkalis, Riau,” kata Arsyad dalam keterangan tertulis, Selasa (12/4/2022).

Baca juga : Malaysia Klarifikasi Tak Berniat Ajukan Reog Ponorogo ke UNESCO

Setelah dilakukan pemeriksaan, petugas mendapati kapal tunda TB Ever Sunrise sedang menarik tongkang TK Ever Carrier. Petugas juga mendapati enam WNI dan empat WNI di kapal itu.

Para ABK mengaku muatan minyak sawit kotor sebanyak 1.799,959 MT itu, diangkut dari Dumai tujuan Johor, Malaysia. Namun, dokumen yang mereka kantongi sudah kadaluarsa.

“Beberapa dokumen yang tidak ada yakni nota pelayanan ekspor, dokumen pemberitahuan ekspor barang dan ijin bongkar muat barang khusus berbahaya. Sementara surat persetujuan keagenan kapal asing dan sertifikat anti-fouling internasional telah kadaluarsa,” katanya.

Saat ini, 10 ABK yang diamankan itu sudah diserahkan ke Lanal Dumai untuk pemeriksaan lanjutan.

Sumber : detiksumut

Leave a Reply

Your email address will not be published.