Mulai 3 April Tol Binjai-Stabat Berbayar, Ini Tarifnya

Jalan tol ruas Binjai-Langsa seksi 1 (Tol Binjai-Stabat) Sumatera Utara (Sumut), mulai berbayar pada 3 April 2022. Saat ini tarifnya masih gratis sejak dioperasikan 11 Februari 2022.

Penetapan tarif berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 82/KPTS/M/2022.

Demikian dikatakan Direktur Operasi III PT Hutama Karya Koentjoro, melansir Antara, Kamis (31/3/2022).

“Sebelum tarif tol diberlakukan, telah dilakukan sosialisasi secara masif baik secara offline mau pun online kepada masyarakat,” katanya.

Pihaknya memastikan jalan tol itu telah memenuhi standar pelayanan minimum (SPM) yang berlaku untuk menjaga kenyamanan dan keamanan pengguna jalan tol.

Saat ini fasilitas yang dimiliki Jalan Tol Binjai- Stabat terdiri dari 28 personel siaga, enam kendaraan operasional yang terdiri dari ambulans, derek, patroli jalan raya, dan kendaraan patroli. Kemudian enam gardu tol, dan satu titik lokasi top up tunai di gerbang tol (GT) Stabat.

“Nantinya jika sudah terhubung secara penuh, Jalan Tol Binjai-Langsa akan dilengkapi dengan lima GT, tiga simpang susun yang terletak di Stabat, Tanjung Pura dan Pangkalan Brandan, dan enam unit tempat istirahat pelayanan tipe A,” katanya.

Pihaknya mengimbau seluruh pengguna jalan agar mematuhi ketentuan dan tata tertib yang berlaku di jalan tol, seperti menggunakan satu kartu uang elektronik hanya untuk satu kendaraan serta memastikan kecukupan saldo sebelum memasuki gerbang tol.

“Pengguna jalan tol diminta berkendaraan dengan kecepatan minimum dan maksimum sesuai yang dipersyaratkan, dan tidak menggunakan bahu jalan kecuali dalam keadaan darurat,” tukasnya.

Golongan I: Rp 15.000

Golongan II dan III: Rp 22.500

Golongan IV dan V: Rp 30.000

Sumber : SuaraSumut

Leave a Reply

Your email address will not be published.