Kabar Gembira! Seekor Badak Sumatera Betina Lahir di Taman Nasional Way Kambas

Badak Lahir

Sumber Gambar : Kementrian LHK

Seekor anak badak Sumatera (Dicerorhinus Sumatrensis) telah lahir di Suaka Rhino Sumatera Taman Nasional Way Kambas (SRS TNWK) Provinsi Lampung, pada pukul 11.14 WIB, Kamis (24/3/2022).

Berdasarkan keterangan Ketua Tim Dokter Hewan SRS TNWK, drh. Zulfi Arsan mengatakan, Rosa menunjukkan tanda-tanda akan melahirkan dimulai sekitar pukul 09.00 WIB.

“Proses kelahirannya sendiri berlangsung selama hampir 3 jam sampai dengan bayi badak lahir,” kata Zulfi dalam keterangan resmi Kementrian LHK, Kamis (24/3/2022).

Sebagai informasi, Suaka Rhino Sumatera Taman Nasional Way Kambas adalah satu-satunya tempat pengembangbiakan Badak Sumatera secara alami dengan dukungan teknologi, serta kolaborasi keahlian, baik dari dalam dan luar negeri.

SRS TNWK yang diresmikan pada tahun 1998 merupakan program kerja sama antara Balai TNWK KLHK dengan yayasan Badak Indonesia (YABI) untuk menghasilkan anak Badak Sumatera sebanyak-banyaknya.

Tentunya target untuk menghasilkan anak Badas Seumatera sebanyak-banyaknya ini akan dan harus disesuaikan dengan kondisi yang aman untuk mempertahankan keberlangsungan hidup spesies Badak Sumatera yang kini terancam punah.

Direktur Jendral Konversi Sumber Daya Alama dan Ekosistem (KSDAE) Wiranto mengatakan, kelahiran anak badak Sumatera ini merupakan hasil perkawinan antara bada jantan bernama Andatu dan badak betina bernama Rosa.

Anak Badak Sumatera yang telah dilahirkan itu berjenis kelamin betina. Kelahiran anak badak Rosa ini menambah jumlah badak di dalam SRS TNWK menjadi 8 ekor.

Sumber : Kompas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *