Sejak Jokowi Gubernur, Jembatan Indiana Jones Ini Belum Banyak Berubah

Jembatan bak di film ‘Indiana Jones’ ini pernah dikunjungi Joko Widodo pada hari ke-54 dia menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. 10 Tahun berlalu, kondisi jembatan ini belum banyak berubah.

Lokasi jembatan gantung ini ada di Kelurahan Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan. Di RW 2 ini, ada dua jembatan melintang di atas Ciliwung yang menghubungkan ke wilayah Cimanggis, Depok, Jawa Barat. Pertama, jembatan di RT 12 yang sudah dibangun kokoh (dan belakangan mulai rusak) menjadi Jembatan Wiratman Karkasa. Kedua, jembatan gantung nan reyot ini, berada di RT 11.

BACA JUGA : China Sedih Melihat Perang Terjadi Kembali di Eropa

Di Google Maps, lokasi jembatan penyeberangan orang di RT 11 ini ditandai dengan nama ‘Jembatan Indiana Jones Jokowi’ atau ‘Jembatan Gantung Srengseng’.

Pantauan di lokasi, Kamis (10/3/2022) tepatnya pukul 13.11 WIB terlihat jembatan tersebut tampak usang dengan dilapisi kayu dan bambu. Lapisan pijakan mulai terkelupas di sana-sini.

Dasar pijakan jembatan gantung yang berada tepat di bawah aliran Sungai Ciliwung tersebut pun mulai goyang dan sebagian lainnya ditutup menggunakan seng yang sudah berlubang.

Pembatas sisi kanan dan kiri jembatan hanya dilapisi oleh jaring dengan diikat dan disambungkan ke tali besi yang telah berkarat. Saat dilintasi, jembatan tersebut mengeluarkan bunyi layaknya konstruksi reyot. Warga harus berhati-hati supaya tidak terjeblos.

Syamsul salah seroang pedagang jajanan telor gulung dari arah Kelapa Dua melintasi jembatan tersebut untuk menuju ke Jagakarsa. Dirinya tampak santai melintasi jembatan yang sudah mulai reyot tersebut secara hati-hati. Bagi warga yang biasa melintas, memang ini biasa saja. Namun, bukan berarti ini tidak menyimpan potensi bahaya.

“Sudah biasa lewat sini, jadi sudah tidak takut lagi,” jelasnya.

Mundur ke belakang, 8 Desember 2012, Jokowi melintasi jembatan sepanjang sekitar 100 meter dengan lebar 1,2 meter ini. Ini bak ‘uji nyali’ bagi Jokowi, bahkan dia sempat berpesan kepada orang di belakangnya agar tidak ada yang mengikutinya berjalan di jembatan supaya aman. “Wah kalau begini, ngeri saya,” kata Jokowi kala itu.

Jokowi kemudian mengucurkan bantuan untuk perbaikan saat itu. Sebenarnya, jembatan ini sudah berusia 30 tahun sebelum Jokowi menjajalnya. 18 Desember 2012, jembatan ini diperbaiki. Sejak saat itu, jembatan diperkuat dengan tali sling dan kawat besi. Biayanya adalah dari Jokowi dan dari Wakil Gubernur Jawa Barat kala itu, Dede Yusuf.

Pada 25 Agustus 2021 tahun lalu, Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho mengatakan akan mengkaji pembangunan jembatan ini. Namun hingga saat ini, kondisi jembatan ini belum banyak berubah.

Sumber : DetikdotCom

#medan #jakarta #indonesia #jembatan #jokowi #presidenRI

One thought on “Sejak Jokowi Gubernur, Jembatan Indiana Jones Ini Belum Banyak Berubah”

  1. Bobby Nasution Terobos Banjir, Pastikan Warga Aman dan Terlayani gengan Baik – MedanWow says:

    […] BACA JUGA : Jembatan Indiana Jones Ini Belum Banyak Berubah […]

Leave a Reply

Your email address will not be published.